Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

Lulusan SMK Tidak Cukup Ijazah Tetapi Harus Memiliki Kompetensi Keahlian Yang Kuat

  • Array

SIDOARJO (Radarjatim.id) Lulusan sekolah kejuruan pada saat sekarang ini tidak cukup dengan mengandalkan ijazah saja. Karena  persaingannya sangat ketat, pengangguran terus meningkat dan teknologi semakin maju. Oleh karena itu siswa harus mempunyai spesialis kompetensi keahlian yang kuat.

Kondisi tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo, Happy Setyaningtyas, SH MH saat membuka Job Matching BKK SMK Plus NU Sidoarjo, yang didampingi langsung Ketua Yayasan BPPNU (Badan Pengelola Pendidikan Nahdlatul Ulama) Walisongo Dra. Anis Khoiriyah M.Pd.I dan Kapala SMK Plus NU Sidoarjo Muchammad Sholichuddin, S.Ag M.Pd, pada Rabu (9/11/2022) siang.

Anis Khoiriyah menjelaskan kalau siswa-siswa SMK Plus NU Sidoarjo sebagain memang sudah dipesiapkan sesuai kompetensi keahliannya, bagi yang ingin memasuki dunia kerja. Termasuk juga bagi siswa yang berwirausaha dan yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi juga telah dipersiapkan dengan baik pula.

Lanjutnya, ini memang tugas kami untuk mempersiapkan anak-anak menyongsong eranya. “Mempersiapkan anak bangsa yang siap bersaing, memiliki daya juang dan memiliki daya tawar lebih baik. Dengan skill yang dimiliki melalui SMK Plus NU ini, lulusannya sudah cukup representatif untuk kebutuhan masyarakat Sidoarjo,” katanya.

Oleh karen itu, dalam memenuhi permintaan pemerintah lulusan SMK tidak cukup hanya dengan berbekal ijasah. Ia katakan, yang jelas dalam proses pembelajaran, anak-anak itu dipacu untuk menentukan masa depannya sendiri, tentunya melalui SMK Plus NU ini. “Sehingga mental mereka siap, dan karakternya terbentu. Dengan demikian akan mempunyai nilai tawar yang baik di kalangan masyarakat yang terus bergerak ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Plus NU Sidoarjo Muchammad Sholichuddin menambahkan kalau siswa-siswinya sudah dipersiapkan dengan baik dalam menghadapi era digitalisasi sekarang ini. Kami sudah mempersiapkan di beberapa kompetensi keahlian. “Mulai dari Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual, Kompetensi Keahlian Animasi, Akutansi, Perbankan Syariah, Kompetensi Keahlian Keperawatan dan Keahlian Teknik Logistik,” tambahnya.(mad)

 

Leave a Comment