Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

Satu Aplikasi untuk Semua

  • Array

Satu Aplikasi untuk Semua

Oleh :
Nur Muchamad Sholichuddin, S.Ag, M.Pd

Dasar Pemikiran :

Sejak tahun 2017 SMK PLUS NU SIDOARJO ini sudah mendeklarasikan sebagai sekolah yang berbasis teknologi. Kebutuhan percepatan dan inovasi pembelajaran, manajemen sekolah semua akan didukung dengan teknologi, menyesuaikan dengan teknologi yang perkembang. Dengan dikembangkannya teknologi di sekolah ini, dimaksudkan untuk mempermudah cara kerja stake holder di SMK PLUS NU SIDOARJO, baik Pimpinan, guru, tenaga kependidikan, murid maupun wali murid.

Penyesuaian teknologi yang berkembang dengan kebutuhan lembaga memerlukan pemikiran jeli dan inovasi yang bisa menghasilkan sebuah aplikasi yang bisa dioperasionalkan oleh semua stake holdel sekolah. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dengan adanya aplikasi ini akan meminimalisir sentuhan tangan dengan benda yang telah disentuh oleh orang lain dan meminimalisir cetakan kertas untuk mengantisipasi penyebaran bakteri dan virus. Karena aplikasi ini ada pada masing-masing gadget individu penggunannya. Tidak mudah dan perlu waktu untuk mewujudkannya, dengan berbagai cara dan ide yang dirangkum dalam sebuah aplikasi yang bernama : SMK Plus NUSDA

Beberapa menu yang akan ada dalam aplikasi SMK Plus NUSDA sebagai bagian dari pengaplikasian teknologi pembelajaran dan manajemen sekolah, diantara nya :

  1. PELAPORAN (present siswa)

Menu pelaporan di aplikasi SMK Plus NUSDA didasari dari pelaksanaan buku kuning smk plus NU yang dalam penggunaannya membutuhkan tenaga ekstra, sedangkan personil BK terbatas. Di dalam buku kuning, ada point ijin keluar kelas maupun ijin meninggalkan sekolah. Ketika siswa  di luar kelas atau ijin pulang cukup menunjukkan buku kuning, bahwa siswa tersebut sudah mendapatkan ijin dari guru.

Aplikasi akan mempermudah komunikasi guru BK dengan guru dan karyawan, terkait segala aktifitas siswa. Aktifitas siswa akan mudah diketahui dan dikontrol oleh guru. Siswa digarapkan ada kecenderungan memperbanyak kegiatan dan prestasi. Sasaran utama pada menu Pelaporan ini adalah seluruh siswa smk plus NU. Manfaat utama adalah kepada siswa itu sendiri. Siswa tidak mudah melanggar aturan, karena kalau ketahuan akan langsung dicatat ditempat. Guru mudah mengarahkan siswa menuju perilaku yang santun dan taat pada guru. Sedangkan outcame (nilai kemanfaatan) yang diharapkan adalah Prestasi, pelanggaran dan ijin oleh siswa bisa dijadikan acuan dalam kenaikan kelas maupun kelulusan siswa di akhir studinya.

  1. PRESENT (Guru/Staff)

Menu present ini pada aplikasi SMK Plus NUSDA didasari atas proses manual present dari Guru dan Staff yang selama ini ada. Present Guru dan Staff menjadi salah satu acuan kinerja. Jika dilakukan dengan cara manual book, maka subyektifitasnya sangatlah tinggi. Ketepatan Guru dan Staff dalam menulis present di manual book yang disediakan akan sulit dikontrol ketepatan waktu dan akurasinya. Juga, present Guru dan Staff ini akan muncul rekap perbulan sebagai penilaian kinerja Guru dan Staff rutin setiap bulan. Dari hal tersebut, maka sangat perlu dibuatkan menu Present dalam aplikasi SMK Plus NUSDA guna mempermudah Guru dan manajemen sekolah menyusun pertanggungjawaban atas tugasnya masing-masing individu.

Guru, staff dan manajemen sekolah diharapkan bisa meningkat kinerjanya dengan memanfaatkan teknologi aplikasi yang sudah ada. Stake holder sekolah tidak perlu mengantri present setiap kali masuk dan pulang sekolah. Mere tingga buka aplikasinya dan tekan present masuk dan pulang sesuai dengan ketentuan jam masuk dan jam pulang yang telah di buat oleh sekiolah.

  • JURNAL untuk guru

Aktifitas pembelajaran di sekolah tertuang dalam jurnal yag dibuat oleh Guru yang mengajar dan. Apa yang dilakukan dalam pembelajaran didalam kelas, kewajiban Guru untuk menuangkannya dalam jurnal. Jurnal merupakan rekam jejak guru dalam mentransfer ilmu kepada siswanya. Yang tertuang dalam jurnal minimal meliputi : nama guru, hari tanggal, jam ke, materi yang disampaikan, aktifitas kegiatan.

Goresan tinta yang biasanya dituangkan dalam lembaran kertas (buku jurnal) akan digangi ke aplikasi ini. Sehingga Guru cukup mengetik kegiatan yangbdilakukan ke dalam format isian aplikasi yang sudah ada. Dengan begiti, diharapkan semua guru mampu mengadaptasikan dirinya dengan kecanggihan teknologi dalam pembelajaran yang sementara ini kita wujudkan dalam aplikasi ini.

Alhasil pihak manajemen sekolah akan lebih mudah dalam mengontrol kegiatan Guru berproses melaksanakan kewajibannya dalam kegiatan pembelajaran. Dan diharapkan Guru juga lebih menyadari akan pentingnya sebuah laporan sebagai bentuk tanggung jawab individu sebagai Guru dan denagn aplikasi ini apa yangbdilakukan oleh Guru akan lebih obyektif.

  1. LAPOR PAK untuk staff

 

Aktifitas tugas dan kewajiban selama ini belum tertata untuk para staff. Proses staff dalam menjalankan tugas seharusnya juga dituangkan dalam jurnal berkegiatan. Tugas dan kewajiban para staff belum terbiasa melaporkan dalam sebuah tulisan, yang ada hanya ceklist dari pouint-point tugas dan kewajiban.

Kedepan semuanya akan ada di satu aplikasi namanya : SMK Plus NUSDA

Sehingga semua akan mudah dalam menjalankan tugas dan kewajiban

 

Leave a Comment