Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

Nasywa Aulia, Siswi Pertama SMK Plus NU yang Jadi Anggota Paskibraka Kabupaten Sidoarjo

  • Array

Nasywa Aulia berhasil mencetak sejarah di SMK Plus NU Sidoarjo. Pasalnya ia menjadi siswi pertama di SMK Plus NU yang berhasil menembus ketatnya seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sidoarjo.

Bagi Nasywa, menjadi seorang anggota Paskibraka adalah impian sejak kecil yang menjadi kenyataan. Setiak kali melihat pasukan pengibar bendera di upacara peringatan HUT RI, ia merasa kagum. Sejak itulah tekad kuat untuk menjadi seorang Paskibraka terpatri di hatinya.

Sama seperti kebanyakan anggota Paskibraka Kabupaten Sidoarjo tahun ini, Nasywa sebenarnya telah berniat mengikuti seleksi sejak tahun 2020 lalu. Namun sayang, karena pandemi, Pemkab Sidoarjo memutuskan tidak ada rekrutmen baru. Tahun ini pun Nasywa masih bersemangat mencoba mengikuti seleksi yang dilaksanakan sebelum Bulan Ramadan lalu.

“Tapi saya sempat bingung. Sebab pelaksanaan seleksi dan pelatihan berbarengan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari sekolah. Untungnya, sekolah memberikan dukungan yang sangat besar buat saya. Saya mendapat dispensasi untuk tidak mengikuti PKL dan fokus pelatihan Paskibraka,” ujar gadis berusia 18 tahun ini, Rabu (18/8).

Persiapannya mengikuti seleksi tidak main-main. Nasywa berlatih keras mulai dari fisik, stamina, hingga Peraturan Baris Berbaris (PBB). Selama persiapan, Nasywa dibantu oleh pelatih ekstrakurikuler Paskibra SMK Plus NU.

“Beliau terus menyemangati saya agar optimis lolos seleksi,” imbuhnya.

Awalnya, Nasywa tidak sendiri saat mengikuti proses seleksi. Total ada lima siswa yang mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kabupaten ini. Di hari pertama yakni seleksi fisik, hanya dua orang yang lolos dan lanjut ke tes PBB.

“Dari tes PBB, hanya saya saja yang lolos dan akhirnya berhasil menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Menjadi siswi pertama dari SMK Plus NU yang berhasil lolos seleksi Paskibraka Kabupaten Sidoarjo menjadi kebanggaan tersendiri bagi Nasywa. Ia berharap di tahun-tahun selanjutnya ada lebih banyak lagi siswa-siswi SMK Plus NU yang berhasil menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Sidoarjo. (Affendra F)

Berita ini telah dimuat di sidoarjonews.id

Leave a Comment