Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

Desain Komunikasi Visual (DKV), Kolaborasi Seni dan Teknologi

  • Array

SENI MEMBUAT HIDUP TERASA INDAH, TEKNOLOGI MEMBUAT HIDUP TERASA MUDAH3

Terciptanya sebuah produk yang selama ini kita gunakan dan kita kenal tidak lepas dari kombinasi atau kolaborasi berbagai ilmu pengetahuan. Salah satu kolaborasi perpaduan ilmu pengetahuan  antara seni dan teknologi. Seni menurut KBBI  adalah sebuah keahlian membuat suatu karya yang bermutu dengan dilihat dari segi keindahan dll sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dari dua disiplin ilmu tersebut akan dikombinasikan menjadi sebuat paduan yang sangat indah dan menarik. Dua paduan tersebut bagai 2 wajah mata uang logam yang saling berhubungan dan saling berpadu. Seni dan Teknologi memiliki ranah dan bagian masing – masing, Seni memiliki ranah bentuk, visual rupa, penampilan sedangkan teknologi memiliki ranah isi, materi , bahan , fungsi serta teknik pembuatan.

Desain Komunikasi Visual ( DKV) sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari antara seni dan teknologi. DKV adalah perpaduan antara Seni Rupa dan Teknologi Komputer. DKV memadukan unsur – unsur seni rupa yang terdiri titik, garis, bidang,bentuk.  ruang , warna dan tekstur untuk menjadi sebuat karya media visual dengan bantuan teknologi komputer sehingga dihasikan sebuah karya media visual komunikasi baik untuk media komunikasi indoor dan outdoor baik dalam bentuk 2D, 3D ataupun Video.

Dalam disiplin ilmu DKV , baik seni maupun teknologi diberi peran dan fungsi yang sama dalam membuat sebuah produk. sehingga dapat dibuat sebuah produk atau karya yang tidak hanya  memiliki nilai keindahan, tampilan yang menarik tetapi juga memiliki fungsi serta manfaat yang penting.

seni dan teknologi

Dengan mempelajari DKV secara otomatis kita akan menyeimbangkan otak kanan maupun otak kiri kita dan menyeimbangkan kemampuan akal pikiran (logic) serta perasaan (taste). dengan seni hidup akan terasa indah dan berwarna dan dengan teknologi hidup akan terasa mudah.

(Ilham Maulana – 17 Jan 2015)

Tag:

Leave a Comment