Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

DKV dan Desain Grafis, Apa Bedanya?

  • Array
Bagi sebagian pembaca mungkin sudah sering mendengar dan tidak asing lagi dengan yang namanya DKV dan desain grafis. Tapi terkadang kita masih sulit membedakan dengan pasti keduanya. Yang terbayang oleh kebanyakan kita (termasuk saya), pokoknya hal-hal itu berhubungan dengan menggambar, poster, corelDRAW, photoshop, dan aplikasi-aplikasi grafis lainnya. Benarkah? Nah, sekarang akan kita bahas hal-hal berkenaan dengan DKV.
Untuk memahami DKV, maka kita dapat melihat dari unsur-unsurnya. DKV terdiri dari tiga unsur yaitu Desain, Komunikasi, dan Visual. Desain berkenaan dengan perancangan estetika, berdasarkan cita rasa dan kreativitas. Sedangkan komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan. Dan visual berarti dapat dilihat. Dari penjabaran unsur-unsur diatas maka dapat disimpulkan bahwa DKV merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan atau gagasan secara visual melalui media dengan berlandaskan kreatifitas.
Berbeda dengan desain grafis yang lebih bersifat dua dimensi, DKV bersifat lebih luas. Jika contoh produk-produk desain grafis adalah poster, pamflet, atau komik. Produk dari DKV adalah poster, pamflet, komik, fotografi, 3D, animasi, video, atau media elektronik lainnya. Dari contoh-contoh produk tersebut dapat kita ketahui bahwa cangkupan DKV lebih luas dari desain grafis. Dengan kata lain, desain grafis termasuk kedalam cangkupan DKV.
Nah, sudah jelaskan bedanya. Sekarang kita sudah bisa membedakan dengan pasti antara DKV dan desain grafis. Akhir kata, semoga bermanfaat!
Sumber : Pengantar DKV – Adi Kusrianto
Tag:

Leave a Comment