Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

Sistim Informasi Manajemen Sekolah Terpadu

  • Array

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang berfungsi mengelola informasi bagi manajemen organisasi. Peran informasi di dalam organisasi dapat diibaratkan sebagai darah pada tubuh manusia. Tanpa adanya aliran informasi yang sehat, organisasi akan mati. Di dalam organisasi, SIM berfungsi baik untuk pengolahan transaksi, manajemen kontrol maupun sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan.

SIM Plus di SMK Plus Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah sistem informasi manajemen sekolah yang membantu operasional sekolah mulai dari akademik, keuangan, perpustakaan, pelaporan dan interaksi guru-siswa. Diharapkan, sistem ini dapat membantu sekolah mengatur, mengelola dan merapikan datanya. Dengan demikian, data ini menjadi informasi yang mengalir dan bermanfaat bagi berbagai pihak yang berkepentingan. Tentunya, hal ini dapat menjadi salah satu nilai tambah dari layanan komunitas pendidikan yang dibentuk. Karena Yahoo, Facebook, Google dan Wikipedia, dan berbagai layanan yang diberikan situs lainnya berasal dari kerapihan dan keteraturan data.

Sistem ini dipasang secara lokal di sekolah jadi memudahkan sekolah untuk menggunakannya. Sekolah dibantu untuk menertibkan administrasinya. Orang tua dapat memantau perkembangan belajar anaknya. Siswa dapat saling berkomunikasi dengan siswa lain. Orang tua bisa berkonsultasi dengan guru mengenai proses belajar anaknya. Pemerintah memperoleh informasi aktual untuk menentukan kebijakan dan monitoring program-program pendidikan.

Sistim Informasi Manajemen Sekolah ini terdiri dari beberapa modul, dimana masing-masing modul saling terintegrasi satu sama lain. yaitu :

  • SIM Akademik
  • SIM Keuangan
  • SIM Kepegawaian
  • SIM Perpustakaan
  • SIM Presensi Fingerprint
  • SIM SMS Gateway
  • SIM LetterStore

Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) mulai menerapkan uji coba SIM ini pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015, dan akan terus dilakukan sosialisasi lebih lanjut untuk menunjang tertib administrasi dan kegiatan belajar mengajar di SMK Plus Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

DSC_4096 DSC_4100

Leave a Comment