Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Close

SANTRI BERBAHASA UNTUK INDONESIA LEBIH DAMAI

  • Array

SMK Plus NU Sidoarjo—Peringatan hari santri yang bertepatan pada bulan Bahasa diperingati SMK Plus NU Sidoarjo secara sinergi. Acara yang dinaungi Perpustakaan ini dilaksanakan tepat pada hari Santri nasional sebagai puncak acara, yaitu 22 Oktober 2019. Peringatan bulan bahasa yang mengusung tema “Santri Berbahasa untuk Indonesia lebih Damai” disesuaiakan dengan tema hari santri nasional tahun 2019 ini.

“Karena sastra sendiri merupakan implentasi kehidupan sedangkan Santri adalah kehidupan yang kita jalani, penggunaan bahasa tentunya sangat penting. Banyak informasi hoax yang tersebar, kalo kita janganlah. Sehingga penggunaan bahasa sepatutnya diperhatikan untuk hidup yang lebih  damai,,” tutur Bu Rahma, penanggung jawab acara sekaligus Kepala Perpustakaan SMK Plus NU Sidoarjo ketika ditanya mengenai pemilihan tema.

Kegiatan yang dimulai setelah upacara hari santri dirangkai dalam satu acara pentas. Para siswa menyaksikan pementasan musikaisasi puisi dan nembang jawa dari perwakilan masing-masing kelas. Layaknya pentas seni, para siswa ternyata sangat mempersiapkan dirinya. Dalam musikalisasi misalkan, semua tim membawa serta alat musik yang mereka miliki dari gitar, ketipung, alat musik sederhana, seruling, orgen, sampai alat musik patrol.

“Seperti ini itu harus. Karena siswa kita itu kan punya banyak kemampuan yang perlu diwadahi. Selain ini ada nembang Jawa, agar siswa sebagai generasi penerus juga mampu menggunakan serta memahami bahasa Jawa,” ungkap Bu Ariati, salah satu tim juri dalam kegiatan ini.

Leave a Comment