Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Close

Wanita: Sisi yang Dipertahankan

 WANITA

Tesis:
Wanita rentan sebagai objek kejahatan. Salah satu negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita adalah Indonesia. Hampir setiap harinya kejahatan terhadap wanita dilaporkan di Indonesia. Pelakunya pun tidak terduga bahkan keluarga sendiri menjadi salah satu pelakunya. Hal tersebut memicu beberapa pendapat ahli sosial mengenai kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Isi:
Meskipun Indonesia memiliki undang-undang yang menjerat pelaku tindakan criminal, namun hukum tersebut tidak membuat para pelaku jera. Para ahli sosial menyimpulkan bahwa masalah  yang terjadi di masyarakat yang menyebabkan tingginya tindakan kriminal terhadap wanita. Di Indonesia, konstruksi sosial kita menganut sistem patriaki diaman kedudukan lelaki dianggap lebih tinggi dari wanita.

Usaha pemerintah untuk mengrangi berbagai tindakan kriminal seperti sosialisasi pembedayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, memprioritaskan kebutuhan wanita ditempat umum dan sebagainya. Namun tetap saja ada oknum yang melanggar aturan tersebut.

Kesimpulan:
Karena sistem sosial patriaki terus mendarah daging di Indonesia, sehingga wanita mau tdak mau mengikuti semua aturan sosial yang cenderung mendiskriminasi gender. Sistem ini juga menuntun wanita untuk selalu takut dan patuh terhadap lelaki. Kendati demikian ada saja wanita yang melawan namun tetap saja masyarakat mengatakan tindakan tersebut tidak patut dilakukan oleh seorang wanita yang dikonstruksi lemah lembut dan penurut.

Nama: Nazar Al Bintang Aulia T
Kelas: Farmasi
Absen: 23

Picture by, Pixabay.com

Leave a Comment